Judul : Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
link : Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
Doa Rasulullah Selamat Dari Makar
Doa Keberkahan Hidup (Beserta Sanadnya)
Shalawat Rabi’ (Musim Semi)
Hikmah Orang Buta
Shalawat al-Falaq
Shalawat An-Nas
Kaifiat Doa Maqbul
Jumlah Ayat Hukum Dalam al-Qur’an
Tawassul Dengan Sanad
Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
Shalawat Fatih Pembuka Pintu Rizki
Ayat al-Hirsh (Nishfu Sya’ban)
Keutamaan Ayat Kursi (Syekh Ibrahim ar-Riyahiy)
Yaqutatul Muhtaj (Menjauhi Ma’shiat)
Pujian Kitab Jawahirul Ma’aniy
Istighfar Nabi Musa

Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
Shalawat Fatih

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين

اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا

صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق

وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق

الى صراطك القويم المستقيم *** والأل مقدر قدره العظيم

Al-Hafizh as-Sayyid Muhammad Bin Muhammad al-Hajjujiy al-Idrisiy al-Hasaniy rahimahullah menyebutkan dalam kitab Faidhullah al-Muntasyir bahwa Sayyidi al-Muqaddam Ahmad Syiyazhmiy berkata; pada suatu hari aku bertemu dengan al-Qadhi Ahmad as-Sukairij rahimahullah di zawiyah Kubra yang berada di kota Fes, Maroko. Pertemuan tersebut adalah akhir kalinya aku berjumpa dengan beliau. Beliau bertanya kepadaku: Bacaan dzikir apa saja yang menjadi wiridanmu selain Lazimah (wird shabah wal masa)? Aku menjawab: aku banyak mebaca berbagai hizb dan asma serta qashidah-qashidah dan lain-lain. Beliau berkata: yang terpenting dari hal-hal penting adalah kau jaga mengamalkan wazhifah dan Hailalah (dzikir La Ilaha Illlallah minimal 1000 kali di hari jumat setelah shalat ashar) adapun amalan, wiridan dan dzikiran istimewa lain subtansinya sudah tercoper di dalam ketiganya (Lazimah, wazhifah dan Hailalah). Dzikiran dan wiridan istimewa selain yang tiga itu masuk dalam kategori fadhl wal fudhul (paling utama dan utama). Tinggalkanlah yang utama, fokuslah pada yang paling utama !!! Aku bertanya: apakah amalan yang paling utama ya Sayyidi? Beliau memjawab: Sholawat Al-Fatih.”

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

“Ya Allah berikanlah shalawat kepada penghulu kami Nabi Muhammad yang membuka apa yang tertutup dan yang menutupi apa-apa yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.”

Imam al-Quthub Sayyidi Ahsan al-Ba’qiliy rahimahullah dalam kitab Ira’ah Arais Syumus Falak al-Haqaiq al-Irfaniyah jilid 2 menyebutkan beberapa pangkat shalawat Fatih:

1) Ashlu as-Shalawat al-Lati Zhaharat Min Qalbi Rasulillah Aw Min Qulubil Arifin (Sumber shalawat yang terbit dari hati Rasulullah atau para ahli ma’rifah). lihat halaman; 138.

2) Shalatul Fatih Munthawiyatun ala al-Ism al-A’zham az-Zhahir Wal Bathin (shalawat Fatih terkandung di dalamnya nama yang menjadi raja bagi seada-adanya nama keagungan Allah baik zhahir dan batin) lihat halaman: 142.

3) Shalatul Fatih Ainu al-Ism al-A’zham (shalawat fatih adalah inti Ismul A’zham). lihat halaman; 143.

Al-Arif Billah Sayyid Shalahuddin at-Tijaniy hafizhahullah berkata; Siapa yang ingin menjadikan shalawat Fatih menjadi wiridan harian hendaknya ia memilih untuk membaca dalam jumlah bilangan sebagai berikut; 313, 315, 489, 4041 atau yang sederhana: 11, 111, 1111.

Setelah membaca masing-masing dari bilangan yang tersebut di atas hendaknya ia menghadiahkannya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan seumpama kata:

هذه هدية مني اليك يا رسول الله

Ini semua sholawat yang aku baca merupakan hadiah buat engkau Ya Rasulallah.

Biasakan setelah shalat fardhu membaca shalawat fatih 3 kali, niatkan saat membacanya membaca al-Ismul A’zham (raja dari nama-nama Allah). Apabila shalawat fatih dibaca dengan niat tersebut keutamaannya adalah satu kali membacanya dilipat gandakan pahalanya menjadi 70.000 kali. Ini baru martabat zhahir yang dibaca oleh bukan golongan al-Arif Billah (orang yang sudah ma’rifah) dalam membaca shalawat fatih, maka bagaimana martabat batinul batin dibaca oleh al-Arif Billah. Keutamaan hal tersebut bisa diraih dengan mendapat izin dari para Muqaddam Thariqah Tijaniyah yang punya Izin resmi. Di antara mereka yang al-Faqir ketahui adalah: Abuya al-Habib Ja’far Bin Ali Baharun, Abuya KH Ahmad al-Anshariy al-Banjariy, KH Abdurrazzaq Imam Lasem, KH Ibrahim Bin KH Umar al-Baidhawiy, KH Maftuh Said Malang, KH Ubaidillah Bin KH Muhammad Yusuf Ampel, KH Shalih Bin Muhammad Basalamah Jati Barang, KH Muhammad Yunus Abdul Hamid, KH Mishbahul Anam dan lain-lain.

Adapun sanad Muttashil kepada Al-Hafizh Sayyid Muhammad al-Hajjujiy tokoh yang menjadi ayatun min ayatillah (tanda kebesaran Allah) pakar hadist kebanggaan thoriqah tijaniyah pemilik magnumopus kitab syarah musnad Imam ad-Darimiy terdiri dari 8 jilid besar;

ادراك القصد والمرام بشرح مسند الدارمي الحافظ الامام

Sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن السيد الفاضل وقرة الاماثل الشريف عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني عن المحدث السيد محمد بن الحافظ محمد الحجوجي الادريسي الحسني عن والده رحمه الله

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun’yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 109.

Khadimul Majlis al-Mu’afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

instagram.com/rizkialbatawi

instagram.com/Zulqornain_Muafiy

Alamat Yayasan al-Muafah: Jalan Tipar Cakung Rt 05 Rw 08 No; 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

Demikianlah Artikel Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
Sekianlah artikel Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.
TweetShare
Subscribe to receive free email updates:

Your email address…

Related Posts :
Shalawat al-Fatih (al-Hafizh al-Hajjujiy)
Shalawat Fatih Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين اللهم نسألك أن تصليا *** ع… Read More…
Shalawat Fatih Pembuka Pintu Rizki
Shalawat Fatih Pembuka Pintu RizkiOleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiyبسم الله الرحمن الرحيمحمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المح… Read More…

Posting Lebih BaruPosting LamaBeranda

SPONSOR SITUS KAMILABEL BLOG

Copyright 2016 THORIQOH TIJANYAH
Powered by Blogger.com